Di Jatim Ada 34 Bakal Calon DPD

KPU PAMEKASAN – Tahapan penyerahan syarat dukungan bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) ke KPU Jatim sudah selesai dan hasilnya diketahui sebanyak 34 bakal calon diterima oleh KPU karena memenuhi syarat dukungan sesuai dengan ketentuan ditetapkan dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2018.

Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim Choirul Anam dalam keterangan persnya kepada media menjelaskan, jumlah total bakal calon yang sudah mengirim formulir melalui server (submit) ada sebanyak 43 orang. Dari jumlah 43 orang tersebut, ternyata sebanyak 39 bakal calon yang melampirkan dan menyatakan syarat dukungan, hingga batas akhir masa penyerahan dokumen dukungan syarat calon.

Hanya saja, dari 38 orang tersebut hanya 34 orang bakal calon yang memenuhi syarat. Sedangkan, sisanya sebanyak 5 orang bakal calon ditolak karena dokumen yang disetorkan tidak memenuhi ketentuan dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2018.

Selanjutnya dari 34 bakal calon anggota DPD yang sudah menyerahkan dukungan dan telah diterima itu akan menjalani masa verifikasi administrasi dan faktual.

Verifikasi administrasi dilakukan oleh KPU Provinsi, sedangkan untuk verifikasi faktual sesuai aturan akan dilakukan oleh KPU Kabupaten/ Kota. (KPU PAMEKASAN)