KPU Pamekasan Mulai Buka Pendaftaran Caleg 2019

KPU PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pamekasan, Jawa Timur, Rabu mulai membuka pendaftaran calon legislatif untuk pemilu 2019.

“Sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh KPU RI, pendaftaran Bakal Calon Legislatif untuk pemilu 2019 mulai hari ini, hingga tanggal 17 Juli 2018,” ujar Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah kepada Antara di Pamekasan, Rabu sore.

Pada pemilu legislatif 2019 ini, sedikitnya ada 14 partai politik yang telah ditetapkan oleh penyelenggara pemilu sebagai partai politik peserta pemilu.

Masing-masing Partai Amanat Nasional (PAN) dengan nomor urut 1, Partai Berkarya dengan nomor urut 2, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan nomor urut 3, Partai Demokrat dengan nomor urut 4, Partai Gerindra dengan nomor urut 5 dan Partai Gerakan Perubahan Indonesia dengan nomor urut 6.

Selanjutnya Partai Golkar dengan nomor urut 7, Partai Hanura dengan nomor urut 8, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan nomor urut 9, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan nomor urut 10, lalu Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan nomor urut 11.

Tiga partai politik lainnya masing-masing Partai Persatuan Indonesia (PPI) dengan nomor urut 12, lalu Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dengan nomor urut 13 dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dengan nomor urut 14.

Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah menjelaskan, pada hari pertama pendaftaran itu, sedikitnya sebanyak 52 orang dari para pengurus partai yang mendatangi kantor KPU Pamekasan.

“Jumlah sebanyak 52 orang ini, terhitung hingga pukul 14.00 WIB tadi siang,” ucap Hamzah.

Para pengurus partai dan bakal calon legislatif yang datang ke KPU Pamekasan itu, umumnya konsultasi mengenai persyaratan berkas administrasi bakal calon yang harus dilengkapi, seperti persyaratan yang berkaitan dengan partai politik, maupun persyaratan yang berkaitan dengan diri bakal calon.

“Selain itu, mereka juga meminta surat keterangan dari KPU bahwa yang bersangkutan terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Pamekasan,” kata Hamzah menjelaskan.

Sesuai jadwal, pemilu legislatif dan pemilu Presiden 2019 ditetapkan tanggal 17 April 2019. Masa kampanye mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019. (Jatim.Antaranews.Com, 4 Juli 2018)