KPU Pamekasan Persiapkan Pemutakhiran Data Pemilih

KPU PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pamekasan kini mulai mempersiapkan pemutakhiran data pemilih untuk pelaksanaan Pilkada Pamekasan yang akan digelar pada 27 Juni 2018.

Acuan tentang regulasi pemutakhiran data pemilih ini adalah Perautan KPU Nomor: 2 Tahun 2017 tentang Pemutakhiran dan Penyusunan Daftar Pemilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Atau Walikota atau Wakil Walikota.

Dalam PKPU Nomor 2 Tahun 2017 pada Pasal 4 disebutkan, bahwa warga yang berhak menjadi pemilih atau berhak menggunakan hak pilihnya adalah Warga Negara Indonesia yang pada hari pemungutan suara pada Pemilihan genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih atau sudah/pernah kawin mempunyai hak memilih.

Selanjutnya, pada Pasal 5 ayat 1 dijelaskan, bahwa Untuk dapat menggunakan hak memilih dalam Pemilihan, Warga Negara Indonesia harus terdaftar sebagai Pemilih kecuali yang ditentukan lain dalam undang-undang.

Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (2), demikian ketentuan lanjutan dalam PKPU itu, adalah harus memenuhi syarat, a). genap berumur 17 (tujuh belas) tahun atau lebih
pada hari pemungutan suara atau sudah/pernah kawin, b). tidak sedang terganggu jiwa/ingatannya, c). tidak sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap, dan berdomisili di daerah Pemilihan yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

Selanjutnya pada huruf e pasal 5 ayat 2 dijelaskan, dalam hal Pemilih belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk Elektronik sebagaimana dimaksud pada huruf d, dapat menggunakan Surat Keterangan yang diterbitkan dinas yang menyelenggarakan urusan kependudukan dan catatan sipil setempat, dan, f). tidak sedang menjadi anggota Tentara Nasional Indonesia, atau Kepolisian Negara Republik Indonesia. (KPU PAMEKASAN)