KPU Pamekasan Sebarkan 643 Alat Peraga Kampanye dan Sosialisasi Pilkada

KPU PAMEKASAN – Komisi Pemilihan Umum Pamekasan, Jawa Timur, menyebarkan sebanyak 643 alat peraga kampanye untuk pelaksanaan Pilkada 27 Juni 2018.

“Penyebaran alat peraga kampanye ini sebagai upaya untuk terus menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat guna menekan angka golput pada pelaksanaan pemungutan suara nanti,” ujar Komisioner KPU Pamekasan Moh Syamsul Arifin dalam keterangan persnya kepada media di Pamekasan, Jumat (16/2/2018)

Ia menjelaskan, ke-643 alat peraga kampanye yang disebar di 178 desa dan 11 kelurahan di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan itu terdiri atas berbagai jenis alat peraga.

Masing-masing sebanyak 5 baliho ukuran besar, 378 spanduk untuk 178 desa, 11 kelurahan, dan 260 umbul-umbul.

Pemasangan alat peraga di masing-masing kecamatan, desa, dan dalam kota Pamekasan. KPU telah menetapkan beberapa titik yang diperbolehkan memasang alat peraga kampanye.

Kampanye Pilkada Pamekasan telah dimulai pada 15 Februari 2018 dan akan berlangsung hingga 20 Juni 2018.

Di Kabupaten Pamekasan, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pamekasan yang akan bersaing pada pesta demokrasi 27 Juni 2018 dua pasangan calon.

Masing-masing Pasangan Calon Bupati Badrut Tamam dan Wakilnya Raja’e (Berbaur) dengan nomor urut 1, dan pasangan Calon Bupati Kholilurrahman dan Wakilnya Fathor Rohman dengan nomor urut 2.

Calon “Berbaur” diusung oleh empat partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Gerindra.

Sedangkan calon “Kholifah” diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Demokrat dan Partai Golkar.

Menurut Syamsul, pola kampanye yang diterapkan institusi penyelenggara pemilu kali ini berbeda dengan pola kampanye sebelumnya.

“Kalau dulu alat peraga kampanye dilakukan masing-masing pasangan calon atau tim pemenangan pasangan calon, namun kali ini oleh institusi penyelenggara pemilu, yakni Komisi Pemilihan Umum,” katanya. (KPU PAMEKASAN)