PPK Pakong Gelar Bimtek Keuangan dan PPDP

KPU PAMEKASAN – Sebanyak 36 Panitia Pemungutan Suara (PPS) mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan Keuangan di Gedung Serba Guna Pakong, Pamekasan, Kamis (28/12) pukul 08.00 WIB.

Kegiatan yang digelar Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Pakong tersebut dihadiri Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka) serta Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

Materinya menitikberatkan pada tugas PPDP yang meliputi 3 tahapan kerja. Yakni, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap pelaporan.

Subairi selaku Ketua PPK Pakong dalam sambutannya menyampaikan, dalam hal penyelenggaraan pemilu, PPDP memiliki peran penting dalam penyusunan data pemilih.

“Yang itu kemudian berimplikasi pada aspek lainnya seperti banyaknya TPS, anggaran, serta logistik. Dengan begitu sukses tidaknya penyelenggaraan pemilu juga bergantung pada suksesnya penyusunan daftar pemilih yang dalam hal ini diperankan oleh PPDP,” tegas Subairi.

Dari pengalaman penyelenggaraan pemilu sebelumnya, tambahnya, sering terjadi pelanggaran atau sengketa pemilu kebanyakan disebabkan karena data pemilih tidak akurat. Oleh karenanya, Subairi mengimbau kepada semua PPS agar dalam hal penetapan PPDP benar-benar memiliki komitmen kerja yang tinggi, jujur, dan berintegritas.

Dalam hal anggaran dana pemilihan bupati (pilbup) dan pemilihan gubernur (pilgub) tahun 2018, Divisi Keuangan dan Logistik PPK Pakong Kutsiyah menjelaskan kepada peserta bimtek ,bahwa sumber dana tersebut dari APBD yang kemudian di-APBN-kan. Sehingga, regulasinya mengikuti aturan pusat dengan cara pengusulan dari bawah ke atas (button up) dalam proses pencairannya.

“Akhirnya, semoga dengan terselenggaranya kegiatan bimtek ini dapat mewujudkan ‘tri sukses’ yakni sukses proses, sukses pelaksanaan, dan sukses hasil,” ujar Subairi. (KPU PAMEKASAN)