Tugas Pokok dan Fungsi

SEKRETARIAT KOMISI PEMILIHAN UMUM

KABUPATEN  PAMEKASAN

(Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 14 Tahun 2010)

Staf Pelaksana pada Subbagian Program dan Data :

Tugas, Pokok, dan Fungsi :

 

1.     Mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan rencana anggaran Pemilu;

2.     Menyusun dan mengelola perencanaan anggaran Pemilu;

3.     Mengelola, menyusun data pemilih;

4.     Mengumpulkan dan menyiapkan bahan penyusunan kerjasama dengan lembaga pemerintah lain yang terkait;

5.     Mengumpulkan dan mengolah bahan penyusunan kerjasama dengan lembaga non pemerintah;

6.     Melakukan survey untuk mendapatkan bahan kebutuhan Pemilu;

7.     Mengumpulkan dan mengolah bahan kebutuhan Pemilu;

8.     Mengumpulkan dan mengolah bahan hasil monitoring penyelenggaran Pemilu;

9.     Mengumpulkan dan mengolah bahan hasil supervisi penyelenggara Pemilu;

10.   Menyusun dan mengelola laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Program dan Data;

11.   Memberikan dan mengelola bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

12.   Melaporkan hasil penyusunan dan pengelolaan pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

13.   Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

14.   Menyusun dan merencanakan kebutuhan anggaran proses rekrutmen Anggota KPU Kab/Kota;

15.   Menyusun dan merencanakan anggaran proses Penggantian Antar Waktu Anggota KPU;

16.  Menjalankan perintah lain yang diperintahkan pimpinan.

 

Staf Pelaksana pada Subbagian Hukum :

Tugas, Pokok, dan Fungsi :

 

1.      Mengumpulkan dan mengelola bahan untuk materi penyuluhan peraturan perundang-undangan  tentang Pemilu;

2.      Mengumpulkan dan mengelola bahan untuk advokasi dan konsultasi hukum Penyelenggara Pemilu;

3.      Menyusun dan mengolah bahan-bahan yang sudah dikumpulkan untuk advokasi dan konsultasi hukum penyelengara Pemilu;

4.      Mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk pembelaan dalam sengketa hukum penyelenggara Pemilu;

5.     Menyusun dan mengolah bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktual partai politik peserta Pemilu;

6.     Menyusun dan mengelola evaluasi terhadap kegiatan verifikasi partai politik peserta Pemilu dan pelaporannya;

7.     Menyusun dan mengelola verifikasi Calon Anggota DPRD Kab/Kota;

8.      Menyusun laporan kegitan verifikasi partai politik peserta Pemilu;

9.      Mengumpulkan dan menyusun bahan-bahan untuk verifikasi administrasi dan faktual perseorangan peserta Pemilu;

10.    Menyusun dan mengolah bahan-bahan yang sudah dikumpulkan untuk verifikasi administrasi dan faktual calon perseorangan peserta Pemilu;

11.    Mengumpulkan dan mengolah bahan-bahan informasi administrasi pelaporan dana kampanye peserta Pemilu;

12.    Mengumpulkan dan mengolah identifikasi kenerja staf di Subbagian hukum;

13.     Menghimpun dan mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang  materinya berhubungan dengan bidang tugas Subbagian Hukum;

14.     Menyusun dan mencari bahan dan permasalahan yang terjadi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka pemecahan masalah;

15.     Menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

16.     Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

17.     Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Subbagian Hukum Kab/Kota;

18.     Melaksanakan inventarisasi perturan perundang-undangan;

19.     Menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

Staf pelaksana pada Subbagian Teknis Pemilu dan Hubungan Partisipasi Masyarakat :

Tugas, Pokok, dan Fungsi :

 

1.    Mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi pembagian daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD Kab/Kota;

2.    Menyusun draf pembagian daerah pemilihan dan alokasi kursi untuk Pemilu Anggota DPRD Kab/Kota;

3.   Mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan dan informasi tentang pemungutan suara, perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;

4.    Menyusun dan mencari bahan draft pedoman dan petunjuk teknis pemungutan, perhitungan suara, dan penetapan hasil Pemilu;

5.   Mengumpulkan dan menyusun identifikasi bahan informasi untuk penyusunan pedoman dan petunjuk teknis Penggantian Antar Waktu dan pengisian Anggota DPRD Kab/Kota;

6.  Menyiapkan semua berkas kelengkapan Penggantian Antar Waktu Anggota DPRD Kab/Kota dan hubungan calon pengganti untuk melengkapi kekurangan persyaratan;

7.   Mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan pemberitaan dan penerbitan informasi Pemilu;

8.    Menyusun draft pemberitaan dan penerbitan informasi Pemilu;

9.    Mengumpukan dan mengidentifikasi bahan dan informasi pelaksanaan kampanye;

10.  Menyusun draft tata cara pelaksanaan sosislisasi dan kampanye;

11.   Mengumpulkan dan mengidentifikasi bahan dan informasi pedoman teknis bina partisipasi, dan  pelaksanaan pendidikan pemilih;

12.   Melakukan identifikasi kenerja staf di Subbagian Teknis Pemilu dan Hubungan Pertisipasi Masyarakat;

13.   Menginventarisasi permasalahan yang terjadi dan menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dalam rangka pemecahan masalah;

14.    Memberikan saran dan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

15.    Melaksanakan dan menjalankan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

16.    Membantu dan mengelola memfasilitasi pemeliharaan data dan dokumentasi hasil Pemilu;

17.   Menyiapkan pelaporan hasil pelaksanaan tugas kepada Subbag Teknis dan Hubmas;

18.    Menjalankan tugas lain yang diberikan oleh pimpinan.

 

Staf Pelaksana pada Subbagian Keuangan, Umum, dan Logistik :

Tugas, Pokok, dan Fungsi :

 

  1. 1.          Staf Pelaksana pada Subbagian Keuangan :

 

1.     Mengelola dan menyusun rencana Subbagian Keuangan;

2.     Memberi informasi terbaru menyangkut pengelolaan keuangan yang menjadi kewenangan KPU Kab/Kota;

3.     Menyusun dan mengelola bahan peneliti laporan keuangan;

4.     Menyiapkan dan menyusun bahan-bahan untuk keperluan realisasi anggaran (SAI dan LPJ/KPAK);

5.    Menyusun dan memperbarui apabila ada peraturan atau ketentuan keuangan yang tebaru;

6.    Mengumpulkan dan menyusun data untuk keperluan perhitungan akuntansi;

7.    Menyusun dan membuat daftar gaji/honor pegawai;

8.   Menyusun dan membuat daftar pengadaan barang dan jasa;

9.   Mengelola dan membuat kartu pengawasan pembayaran yang telah diajukan oleh PPK dan diselesaikan oleh KPPN;

10.  Menyusun dan membantu pejabat penandatanganan SPM untuk meneliti dokumen pembayaran yang telah diajukan oleh PPK agar sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

11.  Menyusun dan membantu mengawasi dan mengecek pembuatan SPM sebelum diajukan dan ditandatangani oleh pajabat penandatanganan SPM;

12.  Menyiapkan dan menyusun, mempelajari paraturan parundang-umdangan, kebijakan serta pedoman dan petunjuk teknis tentang pengelolaan keuangan Pemilu;

13.   Mengelola dan memonitor serta mengevaluasi pelaksanaan teknis kegiatan pengelolaan keuangan;

14.   Menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

15.   Menyusun dan melaporkan hasil pelaksaan tugas kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

16.  Menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

17.  Mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;

18.  Menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

  1. 2.            Staf Pelaksana pada Subbagian Umum :

 

1.      Mangelola dan menyusun rencana Subbagian Umum;

2.     Menyusun dan melakukan urusan kearsipan, surat-menyurat, dan ekpedisi;

3.     Menyusun dan melaksanakan penomoran, pengetikan dan pengadaan naskah dinas;

4.     Menyusun dan melakukan urusan perlengkapan di Subbagian masing-masing;

5.     Menyusun dan mengelola urusan rumah tangga;

6.    Mencatat dan menyusunsuratmasuk/keluar;

7.   Menyusun dan mengarsipkansuratmasuk/keluar;

8.    Menyusun dan mengarsipkan himpunan-himpunan naskah dinas;

9.    Menyusun dan mencatat himpunan-himpunan naskah dinas yang keluar;

10.  Menyiapkan dan menyusun arsip dinas dan arsip statis;

11.  Mengumpulkan dan penyusunan arsip inaktif;

12.  Mengelola dan memelihara barang inventaris milik Negara;

13.  Menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

14.  Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

15.  Menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

16.  Mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;

17. Menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.

 

  1. 3.          Staf Pelaksana pada Subbagian Logistik :

 

1.    Mengelola dan menyusun rencana Subbagian Logistik;

2.   Menyusun dan mendokumentasikan laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian penyusunan, pengolahan data, dan dokumentasi kebutuhan sarana Pemilu;

3.   Mengumpulkan dan mengolah bahan alokasi barang kebutuhan Pemilu serta membuat laporannya;

4.   Mengalokasikan barang keperluan Pemilu;

5.   Menyusun dan merencanakan alokasi kebutuhan sarana Pemilu bagi panitia Pemilu;

6.   Menyusun dan mencari bahan pertimbangan kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

7.   Menyusun dan melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Sekretaris KPU Kab/Kota;

8.    Menyusun dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris KPU Kab/Kota;

9.    Mengelola dan melakukan koordinasi dengan Subbagian lain;

10.  Menjalankan tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan.